Himne

Sambutan Rektor

IKIP PGRI MADIUN

Dari Rektor IKIP PGRI MADIUN

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh...

Selamat datang di kampus IKIP PGRI MADIUN. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Persatuan Guru Republik Indonesia berdiri sejak tahun 1975. Sejak mulai berdiri sampai saat ini, IKIP PGRI MADIUN sangat peduli peningkatan kualitas calon pendidik anak bangsa yang akan bertanggungjawab pada perubahan negeri yang mampu beradaptasi dengan segala bentuk peluang dan ancaman dengan menyadari kekuatan dan kelemahan. Smart and honourable digunakan sebagai slogan seluruh civitas academica untuk mendorong proses manajerial, operasional dan pembelajaran. Sebagaimana tersurat pada misi, pada tahun 2020 IKIP PGRI MADIUN akan menjadi perguruan tinggi yang unggul secara nasional dengan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan intelektual, moral dan kewirausahaan yang memadai.

Untuk mengamankan visi tersebut, kampus melaksanakan pembelajaran yang menekankan pada kemandirian dalam menumbuhkembangkan potensi pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Pembelajaran dan pendidikan diselenggarakan oleh dosen yang memiliki kualifikasi akademik yang memadai didukung dengan kurikulum yang selalu mengacu pada perkembangan terbaru sebagaimana dianjurkan oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinngi. Kualitas penyelenggaaraan pendidikan dan pembelajaran dijamin dengan penelitian dan pengembangan yang selalu melekat dengan tugas-tugas dosen yang berfungsi sebagai pendidik sekaligus sebagai peneliti; yang akan memperbaiki kualitas pembelajaran yang dilaksanakannya. Sejalan dengan proses pembelajaran, penelitian dikembangkan tidak hanya oleh dosen tetapi juga mahasiswa yang telah menjadikan penelitian sebagai kultur intelektual yang telah diakui di tingkat nasional. Kampus juga mengembangkan pengabdian pada masyarakat sebagai ujud kepedulian masyarakat kampus sekaligus sebagai sarana diseminasi ilmu pengetahuan dari kampus kepada masyarakat. Pengabdian pada masyarakat berfungsi sebagai jembatan bagi masayarakat kampus dan masyarakat luas yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di berbagai bidang. Misi kampus yang terakhir adalah membangun ajejaring antar institusi dan lembaga secara nasional dan internasional untuk menjamin keberlanjutan dan kredibilitas kampus dalam jangka panjang.

Dalam perjalanan perkembanganny, IKIP PGRI MADIUN telah mampu menempatkan diri pada posisi yang sejajar dengan perguruan tinggi lain, baik negeri maupun swasta di negeri ini. Kampus telah banyak memenagkan dan unggul dalam prestasi sebagai atribut perguruan tinggi unggul dalam bidang penelitian, hibah institusi, ketenagaan, mahasiswa serta tatakelola. Prestasi tersebut ditandai dengan dinobatkannya IKIP PGRI MADIUN sebagai Perguruan Tinggi Unggul se-Kopertis Wilayah VII Jawa Timur selama tujuh tahun berturut-turut. Akhirnya, kami menyampaikan rasa terimakasih kepada masyarakat yang telah mempercayakan dan ikut serta membesarkan IKIP PGRI MADIUN sebagai lembaga pendidikan tinggi yang baik.

Terimakasih.
Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh...

Rektor

Ttd

Dr. H. Parji, M.Pd.