Himne

Makna Lambang

IKIP PGRI MADIUN

Lambang

Makna Lambang

Lambang tersebut memiliki makna sebagai berikut:

Segi Lima = membentuk insan akademisi/ profesional yang berjiwa Pancasila dan berguna bagi bangsa dan negara.
Sayap kiri kanan masing-masing terdiri dari 5 helai bulu berwarna kuning = cita-cita setinggi angkasa di bidang pendidikan dengan dasar Pancasila, membawa tunas muda harapan bangsa ke masa cerah dan gemilang.
Suluh dengan empat garis tegak dan datar warna kuning = fungsi guru, dengan hakikat tugas pengabdiannya sebagai pendidik yang besar dan luhur.
Nyala api dengan lima sinar dengan warna merah = Pancasila sebagai penyemangat mendidik budi, cipta, rasa, karsa, dan karya generasi bangsa.
Empat buku mengapit suluh dengan posisi dua datar dan dua tegak (simetris) = sumber ilmu yang menyangkut nilai-nilai moral pengetahuan, keterampilan dan akhlak bagi tingkatan lembaga-lembaga pendidikan, yaitu pradasar, dasar, menengah, dan tinggi
Warna dasar tengah hijau = Kemakmuran generasi
Warna putih pada lingkaran = Pengabdian yang dilandasi kesucian, cinta kasih, dan kemurnian.
Pita putih penyangga sayap bertuliskan PPLP PT PGRI MADIUN = Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi membangun ikatan yang kokoh, kuat bagi guru seluruh Indonesia di dalam mengejar cita-citanya.

Arti keseluruhan adalah lembaga pendidikan tinggi yang bertujuan menghasilkan warga negara yang senantiasa berupaya dan berkesadaran pengabdian yang suci dengan segala keberanian dan keluhuran jiwa dalam menunaikan baktinya terhadap bangsa dan negara Indonesia dalam mendidik budi, cipta, rasa, karsa, dan karya generasi bangsa agar menjadi manusia Pancasilais yang memiliki moral, pengetahuan, ketrampilan, dan akhlak yang tinggi.