EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE SCRAMBLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR TAHUN AJARAN 2012/2013

Abstrak: 

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Word Square dan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble  terdapat prestasi belajar siswa, 2) apakah ada pengaruh motivasi tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar, 3) apakah ada interaksi antara model pembelajaran Word Square dan model pembelajaran Scramble dengan motivasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP N 1 Bendo pada pokok bahasan Kalor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bendo sejumlah 200 siswa. Penentuan sampel dengan teknik cluster random sampling yaitu sebanyak 25 siswa kelas VIIC sebagai kelas eksperimen 1 dan 25 siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen 2 dan 25 siswa kelas VII A sebagai kelas non eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk data motivasi siswa dan teknik tes untuk data prestasi belajar fisika siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji statistik analisis variansi dua jalan frekuensi sel tak sama. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Prestasi belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square dan Scramble sama baiknya, 2) Siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi rendah terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VII SMP N 1 Bendo, 3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran menggunakan Word Square dan model pembelajaran Scramble dengan motivasi siswa tinggi, dan rendah terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP N1 Bendo pada pokok bahasan Kalor.

Kata Kunci : Model kooperatif tipe Word Square, Model Kooperatif tipe Scramble, Motivasi siswa,  Prestasi belajar fisika.

Erawan Kurniadi; Helmy Ayu Widary; Sulistyaning Kartikawati -- Prosiding Fisika -- 2013